Sabtu, 09 April 2016

MAKALAH PRISMA, BALOK, DAN KUBUS





MAKALAH
PRISMA, BALOK, DAN KUBUS

Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Matematika yang Dibina Oleh Dra. Titik Sugiarti, M.Pd

Oleh:
Kurnia Intan Suroni Tsalis      (150210204026)
Halida Nuril Arofah                (150210204052)
Nikmatun Hasanah                 (159219294114)
Nur Habibah Ulasari               (150210204115)

PRODI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
 

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk, ataupun pedoman bagi pembaca dalam memahami bentuk Prisma, Balok, dan Kubus.
            Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini dan kedepannya dapat lebih baik lagi.
            Makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

                                                                                    Jember, 29 Februari 2016


                                                                                                Penulis







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR….………………………………………………………….….1
DAFTAR ISI……………………………………………………….…………………2
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang………………………………………………………………..3
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………….4
C.     Tujuan………………………………………………………………………...4
BAB 2 PEMBAHASAN
A.    Balok………………………………………………………………………....5
B.     Prisma ……………………………………………………….………….……7
C.     Kubus…………………………………………………….……………….….9
BAB 3 PENUTUP
             Kesimpulan…………………………………………….……….…………..11
DAFTAR PUSTAKA………………………………….……………….…………..12








BAB 1
PENDAHULUAN
A.             Latar Belakang
Bangun ruang merupakan salah satu komponen matematika yang perlu dipelajari untuk menetapkan konsep keruangan. Maka dalam mata pelajaran Matematika perlu diberikan topik pembelajaran ini kepada semua peserta didik sejak berada di jenjang sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut sangatlah perlu sebagai dasar dari peserta didik untuk mengembangkan, memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi siswa sekolah dasar pengenalan bangun ruang seperti Prisma, Balok, dan Kubus berupa identifikasi bentuk bangun beserta analisis ciri-cirinya. Meskipun demikian siswa sekolah dasar harus bisa memahami dan membedakan bentuk bangun ruang beserta cara menghitung luas permukaan maupun volumenya.
Anak akan lebih tertarik untuk mempelajari geometri jika mereka terlihat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri (bangunan-bangunan). Anak hendaknya diberi kesempatan untuk melakukan inventigasi secara individu atau kelompok dengan bantuan benda-benda kongkret di sekitar anak.




B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah:
1.      Apa pengertian Prisma, Balok, dan Kubus?
2.      Apa saja komponen yang ada pada bangun Prisma, Balok, dan Kubus?
3.      Apa contoh bentuk bangun Prisma, Balok, dan Kubus dalam kehidupan sehari-hari?

C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuannya adalah:
1.      Mengetahui pengertian Prisma, Balok, dan Kubus
2.      Mengetahui komponen yang ada pada bangun Prisma, Balok, dan Kubus
3.      Mengetahui contoh bentuk bangun Prisma, Balok, dan Kubus dalam kehidupan sehari-hari











BAB 2
PEMBAHASAN
A.    BALOK
Balok merupakan sebuah bangun ruang beraturan yang dibentuk oleh 3 pasang persegi panjang yang masing-masing memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
Sifat–sifat balok:
·         Setiap sisi balok berbentuk persegi panjang.
·         Setiap rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran sama panjang.
·         Setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran sama panjang.
·         Setiap diagonal ruang pada balok memiliki ukuran sama panjang.
·         Setiap bidang diagonal pada balok memiliki bentuk persegi panjang.
Unsur–unsur balok:
·         Sisi balok adalah bidang datar yang membatasi balok. Sisi balok dibagi menjadi 6, yaitu:
1)      sisi alas
2)      sisi depan
3)      sisi atas
4)      sisi belakang
5)      sisi kiri
6)      sisi kanan
·         Rusuk balok adalah ruas garis yang merupakan perpotongan dua bidang sisi pada sebuah balok. Balok memiliki 12 rusuk, yaitu:
1)      8 Rusuk Datar
2)      4 Rusuk Tegak
·         Titik sudut merupakan pertemuan dari tiga rusuk yang berdekatan. Balok mempunyai 8 titik sudut.
·         Diagonal merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut sebidang yang saling berhadapan. Diagonal balok dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
1)      Diagonal ruang
2)      Bidang diagonal
3)      Diagonal sisi

Jaring - jaring balok  merupakan rangkaian sisi-sisi balok yang jika dibentangkan akan terbentuk sebuah bidang datar.
Macam-macam jarring-jaring balok:
Contoh bangun Balok dalam kehidupan sehari-hari:
1.      Kardus
2.      Almari

B.     PRISMA
Prisma merupakan bangun ruang yang mempunyai sepasang sisi kongruen dan sejajar serta rusuk-rusuk tegak saling sejajar.
Jenis – jenis prisma:
      Prisma segitiga           
      Prisma persegi(kubus)            
      Prisma persegi panjang(balok)
      Prisma segi lima
Sifat  - sifat prisma:
      Bidang alas dan  bidang atasnya sejajar dan kongruen
      Bidang sisi tegak berbentuk persegi panjang
      Semua rusuk tegaknya sejajar dan sama panjang
      semua bidang diagonalnya berbentuk jajar genjang.
Unsur – unsur prisma:
·         Sisi
1)      Sisi alas
2)      Sisi atas
3)      Sisi tegak
·         Rusuk
1)      Rusuk alas
2)      Rusuk atas
3)      Rusuk tegak
·         Titik sudut. Prisma memiliki 10 titik sudut
Jaring - jaring prisma:
Contoh bangun prisma dalam kehidupan sehari-hari:
1.      Atap rumah
  1. Pembuatan Tenda







C.    KUBUS
Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar.
Sifat–sifat kubus:
  • Semua sisi kubus berbentuk persegi.
  • Sisi nya memiliki bentuk persegi dan memiliki luas yang sama.
  • Semua rusuk kubus berukuran sama panjang.
  • Setiap digonal bidang pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang.
  • Setiap diagonal ruang pada kubus memiliki ukuran sama panjang.
  • Setiap bidang diagonal pada kubus memiliki bentuk persegi panjang
Unsur–unsur kubus:
·         Sisi. Sisi kubus adalah bidang datar yang membatasi kubus. Sisi dibagi menjadi, yaitu:
1)      sisi alas
2)      sisi depan
3)      sisi atas
4)      sisi belakang
5)      sisi kiri
6)      sisi kanan
·         Rusuk. Rusuk merupakan ruas garis yang merupakan perpotongan dua bidang sisi pada sebuah kubus. Kubus memiliki 12 rusuk, yaitu:
1)      8 Rusuk Datar
2)      4 Rusuk Tegak
·         Titik sudut. Titik sudut merupakan pertemuan dari tiga rusuk yang berdekatan. Kubus  mempunyai 8 titik sudut.
·         Diagonal merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut sebidang yang saling berhadapan. Diagonal balok dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
1)      Diagonal ruang
2)      Bidang diagonal
3)      Diagonal sisi
 
Jaring - jaring kubus:
Contoh bangun Kubus dalam kehidupan sehari-hari:
1.      Dadu
2.      Rubic
BAB 3
PENUTUP
KESIMPULAN
Geometri dengan bangun ruangnya merupakan pengetahuan dasar yang harus dipelajari siswa. Para siswa diharapkan mengenal konsep titik, garis, bidang, kubus, balok, prisma. Pertimbangan lainnya adalah bangun ruang sangat banyak digunakan dalam kehidupan keseharian siswa.
Pembelajaran pembuatan model-model bangun ruang (kubus, balok, prisma) dapat dilakukan dengan bantuan kertas karton, gunting, dan perekat. Adapun caranya dengan terlebih dahulu dibuat jarring-jaring dari bangun-bangun ruang tersebut dan dengan melipat dan melekatkan tepi-tepi yang sesuai, maka akan terbentuklah model-model bangun ruang tersebut. Pembelajaran yang melibatkan pembuatan dan penggunaan jarring-jaring adalah sangat baik untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan visualisasi mereka mengenai ruang.
Dengan bantuan konsep jaring-jaring bangun ruang dapat menyelesaikan masalah-masalah matematika atau masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bangun-bangun ruang. Penggunaan konsep jaring-jaring bangun ruang ini dapat dilakukan dalam proses pembelajaran yang melibatkan anak secara langsung mengidentifikasi, mempraktekkan, dan mendiskusikan baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.





DAFTAR PUSTAKA

CONTOHMAKALAHMATEMATIKABANGUN-BANGUNRUANG_ referensikoe.html
Sumber mtk bangun ruang/Matematika Kelas IV  Bangun Ruang Sederhana ~ BISA.htm
MateriMatematikaSDKelasVJenis-JenisBangunRuangdanRumusnya_ DuniaMatematika.com.htm
9-Pengenalan-bangun-ruang-dan-sifat2nya.pdf
BAB II 11-50.pdf





           

0 komentar:

Posting Komentar